Seharga Rp 38 Miliar

Seharga Rp 38 Miliar

\"lamborghini\"Pabrikan dari Italia yang satu ini memang selalu berhasil membuat kendaraan yang membuat penggemar otomotif berdecak kagum. Kali ini Lamborghini meluncurkan produk barunya pada hari pertama Geneva International Motor Show ke-83 di Swiss.

Lamborghini memperkenalkan Veneno Supercar, model khusus yang dibuat untuk memperingati ulang tahun Lamborghini yang ke-50. Seperti model lainnya yang dibuat oleh Lamborghini, nama ini diambil dari adu-banteng (bullfighting), di mana Veneno merupakan seekor banteng paling lincah dan sangat agresif di tahun 1914.

\"Kendaraan baru ini ini merupakan kendaraan yang sangat kencang, dan memiliki tenaga terbesar yang pernah dibuat oleh Lamborghini,\" kata CEO Lamborghini Stephan Winkelmann, Ucapan Winkelman itu bisa dilihat dari konfigurasi mesin Veneno yakni V-12  berkapasitas 6.5-liter, 7-speed automatic manual transmission dan all-wheel drive. Kekuatan mesin yang mencapai  750hp membuat kendaraan ini mampu berakselerasi dari 0-60km dalam 2,8 detik dan mencapai angka kecepatan 354 km/jam.

Veneno hanya dibuat tiga unit di dunia, dan dihargai US$3.9 juta atau hampir Rp 38 miliar. Harga jual tersebut membuat kendaraan ini menjadi salah satu kendaraan termahal yang pernah dibuat. Harga ini mengalahkan harga jual  Bugatti Veryron (US$2.4 juta) dan harga McLaren F1 (US$1 juta). Jika pun Anda punya uang sebanyak itu, jangan dulu bersenang karena Veneno sudah habis dipesan.

Mahalnya harga kendaraan ini disebabkan penggunaan material eksotis seperti carbon fiber untuk rangka monokok. Walaupun basis Veneno mengadopsi sasis Lamborghini Aventador, namun berbagai panel bodinya merupakan parts yang didesain khusus untuk meningkatkan aerodinamika kendaraan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: